BUNG KARNO -Ir. Soekarno- To Build the World a New

REPLIKA PATUNG LILIN BUNG KARNO
Ir. Soekarno atau yang kita kenal dengan nama Bung Karno adalah Presiden pertama NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang mungkin akan terkikis sejarahnya seiring perjalanan waktu yang ada. Mungkin kelak anak cucu kita atau mungkin generasi kita sendiri yang minim mengetahui tentang sejarah asal usul beliau, itulah Indonesia, mereka begitu cepat melupakan sejarah negara ini. Satu fakta yang unik hari ini saya temukan di mbah google, dimana pas iseng-iseng browsing saya menemukan beberapa berita terbaru tentang Bung Karno, ya,,,, Presiden pertama negri ini telah dibuat replika patung dari lilin yang sangat mirip, lengkap dengan tongkat, pangkat, serta tidak keringgalan senyum beliau. Namun satu hal yang sangat mengecewakan, ternyata replika tersebut tidak ada di negri kita sendiri, melainkan di negri tetangga tepatnya di museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand.

Menurut informasi yang saya dapat dari dunia on-line profil yang dipakai untuk membuat patung Bung Karno adalah penampilannya pada kunjungan ke Amerika Serikat saat Bung Karno menyampaikan pidatonya yang sangat terkenal, yaitu "To Build the World a New" pada tanggal 30 September 1960.

Secara filosofis, bagian dalam kayu yang memiliki nilai sakral dalam kebudayaan Jawa tersebut diisi (disujen) dengan kayu wunglen yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir, yang telah didedikasikan oleh Bung Karno. Adapun dari elemen logam terbuat dari perak dan emas.

Tongkat dilengkapi dengan 5 ring cincin emas yang melambangkan Pancasila, dan bagian pokok tongkat tertuang dengan gagahnya Lambang Garuda Pancasila. Peci yang menjadi ciri khas Bung Karno secara khusus dipesankan oleh Puti Guntur Soekarno di Bandung, di penjahit khusus yang, berdasarkan kesejarahan yang ada, menjadi tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno.

Pakaian Bung Karno didesain dengan saksama oleh Samuel Wattimena. Desain pakaian Bung Karno dilaksanakan dengan sangat hati-hati guna menampilkan sosok Bung Karno sebagai tokoh besar yang telah ikut mengubah sejarah politik dunia.

Patung tersebut dibuat sebagai sebuah bentuk penghormatan yang diberikan oleh Madame Tussauds untuk bapak proklamator Soekarno dan dukungan dari Tourism Authority of Thailand.

Saya sendiri merasa heran dengan bangsa ini, kenapa negara lain malah mendahului ide untuk membuat patung tersebut, lalu dimana letak "NASIONALISME" bangsa kita, sedang negara lain begitu semangat dan mendukungnya? ada apakah dengan negara ini? Saya kecewa namun sekaligus bangga, dan entah bagaimana saya harus mengaplikasikan dua rasa tersebut jadi satu tatanan. Anda juga berhak untuk menyampaikan pendapat. Dan lebih aneh lagi ketika kita hanya menemukan patung-patung Bung Karno di Negri ini namun hanya terbuat dari "SEMEN" berwarna gelap dan tidak ada kelengkapan pangkat, dijemur dibawah terik matahari dan dibiayarkan terguyur air hujan. Ohhh,,,,,,, Indonesia,,,,,,,,

"Sebuah Karya dari Sepenggal Rasa"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulas Syair Wong Jowo Ojo Jawal

di balik lagu Metallica Nothing Else Matter

ROKOK Vs JILBAB